March 18, 2010

Google, makin heboh dengan "Toko Aplikasi"

  Google yang selama ini anda kenal dengan kemmpuan mesin pencarinya yang luar biasa kini telah memulai debut baru dengan meluncurkan Google Apps Marketplace yang diluncurkan sekitar 3 tahun lalu (2007). Google Apps Marketplace sendiri adalah online store yang menyediakan berbagai macam "jasa" aplikasi untuk sebuah website dinamis milik anda.
  Aplikasi ini berjalan di server google, jadi kita tidak perlu membeli, menginstall, atau, merawat software / hardware. Yang penting, ada uang 'sewa', semua ditangan google. Walaupun disisi lain anda melihat beberapa aplikasi yang ditawarkan google terlihat biasa-biasa saja, seperti google-docs, calendar, gmail, dan lain lain. Namun ternyata google menyediakan hal lain dalam market-place nya ini. Terlihat dari beberapa vendor yang sengaja diundang google untuk menawarkan jasanya di toko aplikasi ini, seperti :

  - Intuit Online Payroll : Aplikasi kecil yang terintegrasi secara online dan menawarkan jasa berupa menjalankan efisien gaji, membayar pajak, mengecek pembayaran, dalam kantor online nya.($39 dollar/month).
  - Jira Studio : Sebuah host suite pengembangan perangkat lunak dari pengembang perangkat lunak Atlassian yang memungkinkan data mengalir secara alami antara Gmail, Google Calendar, Google Docs dan aplikasi lainnya dan sebagai alat pengembangan untuk lmencari dan mengelola masalah-masalah proyek dan alur kerja.
 - Cloud Content Management-Box.net : Memudahkan setiap businessman dalam mengakses, berbagi, dan mengolah konten nya secara online. Ketika digabungkan dengan Google Apps, anda akan mendapatkan manajemen konten lengkap, komunikasi, dan kolaburasi paket yang seluruhnya berada di Cloud-Content milik Box.net .($15/month). Dan masih banyak lainnya yang bisa anda coba sendiri.
   Sekali terinstall, pihak ketiga akan langsung berpartisipasi dengan aplikasi Google Native seperti Docs, Calendar, dan sebagainya. Biasanya, seorang Web Master harus login bolak balik dari situs ke pihak penyedia aplikasinya. Tapi, dengan kepintarannya, Google Apps Marketplace menawarkan login tunggal melalui platform yang sudah mereka persiapkan. Jadi anda hanya tinggal browse, dan menambah beberapa aplikasi yang disediakan Google untuk anda gunakan. Dan lagi, ada yang gratis.
  Tunggu apa lagi...???



0 comments: